Rabu, 19 April 2017

Telkom Kubar Hampir 2 Bulan gangguan? apa yang terjadi?

Sebagai seorang owner warnet yang bergelut usaha sehari-hari dari internet, istilah kasarnya makan dari internet di hempas gangguan internet selama hampir 2 bulan sangatlah membuat hati dan dompet bersedih, betapa tidak hampir 2 bulan pun pemain setia jarang hadir ke net karena susahnya koneksi internet jangankan untuk bermain gim online untuk membuka facebook aja susahnya minta ampun, jaringan internet di kubar kaltim putus nyambung parah, dan mirisnya tidak ada perbaikan apapun atau informasi apapun yang memberikan harapan bagi kami para pelanggan telkom kapan gangguan ini akan berakhir atau diperbaiki.



saya melihat sendiri 2 warnet saingan di desa saya kolaps dan menutup warnetnya karena badai ganguan ganas RTO parah, jaringan Unreachable, Hingga General Failure, hari demi hari di lalui bagi para user pelanggan internet kabel milik telkom, bahkan tetangga saya yang seorang pegawai pemkab mengeluhkan parahnya jaringan internet di kantor nya, bayangkan komplek perkantoran yang harusnya mendapat prioritas jaringan yang bagus saja terkena gangguan ini.






apa dan kenapa bisa terjadi gangguan internet parah dikubar, internet yang putus nyambung maupun ping bengkak dan jenis gangguan internet lainnya? usut punya usut saya tanya teknisi lokal disini ternyata jatah jaringan bandwidth di kubar milik telkom tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggannya yang ada disini atau istilahnya Overload kapasitas, hal ini terjadi karena Telkom kejar target menambah pelanggan sebayak-banyaknya tanpa di imbangi dengan sarana dan prasarana berupa jumlah kapasitas bandwidth yang ditambah dan sarana lainnya, istilahnya jatah untuk 1000 user dipakai untuk 2000 user, akibatnya user/pelanggan saling berebut bandwidth sehingga terjadi loss kecepatan, jaringan putus nyambung dan sebagainya.

saya hampir setiap hari selalu chat cs telkom di lama Fb nya yakni telkom care melaporkan kan masalah ini  dan jawaban telkom care selalu sama itu-itu saja dan terkesan seperti jawaban robat yang telah diprogram dengan jawaban yang itu-itu saja selang sehari kemudian ada sms dari 1147 menyatakan bahwa jaringan internet di tempat saya sudah diperbaiki, dan nyatanya belum ada perubahan sama sekali, dan ke esokan harinya pun aku komplain lagi dan begitu seterusnya hampir 2 bulan ini. paling-paling teknisi yang ada disini yang di tekan tanpa mencari akar permasalahnya yakni kurangnya bandwidth, mau diperbaiki kayak apa selama bandwidth tidak di tambah tentu akan selalu rebutan bandwidth antar pelanggan apalagi di jam sibuk di siang hari saat orang sibuk kerja dan membutuhkan koneksi internet yang cepat dan harus kecewa berat karena konseksi yang hancur seperti butiran debu. 






saya pun hampir menyerah komplain tiap hari di telkom karena jawaban yang itu-itu saja, sepertinya percuma dan menghabiskan energi untuk komplain di telkom yang jawabannya itu-itu saja dan tidak ada perbuahan yang berarti hati saya diliputi kesedihan dan kekecewaan karena ya penghasilan saya sebagai op warnet ya memang dari perantara internet itulah.

kenapa lambat sekali ditangani? saya pikir ini aneh dan tidak akal, masak sih iya perusahaan sebesar telkom yang memeiliki banyak pengalaman dan punya penghargaan segudang untuk melayani pelanggannya tanpa ada rencana bisnis yang jelas, atau mungkin telkom hanya berorientasi hanya pada profit saja dan tidak mengindahkan kepuasan pelanggan, karena berpikir mereka menguasai pasar karena memang tidak ada isp lain selain telkom yang melayani layanan internet kabel di kubar. atau memang sistem pengambilan keputusan di telkom memang harus lama dan berbelit.

saya setiap teknisi datang kerumah  hampir sellau menyempatkan diri bertanya pada teknisi disini gimana pak ada perkembangan? mereka selalu menjawab " kami sudah sampaikan ke pusat disamarinda pak, bahwa ada kekurangan bandwidth di daerah kubar dan jaringan overload, mau dibaiki kayak apa kalo bandwidth nya kurang percuma saja pak" lho tapi sudah tau bandwidth kurang begini kenapa masih tambah pelanggan? : "itulah pak kami di haruskan cari pelanggan terus, ada target dari atasan" nah inilah yang terjadi saat ini. saat perusahaan hanya memikirkan keuntungan tanpa di imbangi dengan kepuasan pelanggan bisa jadi bumerang dikemudian hari. kita tidak tahu nanti ada pihak swasta yang mengembangkan usaha internet kabel kepelosok penjuru negeri dan telkom dengan pelayanan yang masih buruk bisa saja terhempas dari persaingan pasar.

kan sayang juga perusahaan BUMN yang dimiliki negara kita istilahnya dimiliki oleh rakyat Indonesia kalah dengan pihak swasta, tulisan ini hanyalah sekedar kritik dari seorang rakyat jelata, agar telkom berbenah memperbaiki diri merevolusi mental istilah keren dari Bapak Presiden kita. internet pada era informasi saat ini adalah urat nadi penting bagi kemajuan negara segala informasi bisa di dapatkan dari internet mulai masalah ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya, jika internet kita terbelakang kita akan kalah dengan negeri tetangga, dan karena internet saat ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh orang banyak, hajat hidup orang banyak memang sudah selayaknya dikelola oleh negara dengan BUMN nya tapi jika pelayananya terus buruk seperti ini bagaimana kita mengejar ketertinggalan? 

semoga telkom wabil khusus telkom kubar bisa berbenah diri, koneksi internet distabilkan, syukur-syukur bisa dipercepat, amin amin amin.

Eko Budi Santoso
Op Warnet yang selalu setia

Telkom Kubar Hampir 2 Bulan gangguan? apa yang terjadi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.