Selasa, 14 Maret 2017

jenis-jenis rumah sakit


 jenis-jenis rumah sakit

Adapun jenis-jenis rumah sakit adalah sebagai berikut (Amalia, 2011):

1)    Rumah Sakit Umum

Rumah sakit umum adalah rumah sakit yang melayani hampir seluruh penyakit umum, dan biasanya memiliki intitusi perawatan darurat yang siaga 24 jam( ruang gawat darurat) untuk mengatasi bahaya dalam waktu secepatnya dan memberikan pertolongan pertama. Rumah sakit ini biasanya merupakan fasilitas yang mudah ditemui di suatu negara dengan kapasitas rawat inap sangat besar untuk perawatan intensif ataupun jangka panjang ruang perawatan khusus (intensif Care, Neonatus Care dan Paediatrik Care). Rumah sakit jenis ini juga dilengkapi dengan fasilitas bedah, bedah plastik, ruang bersalin, laboratorium, dan fasilitas lainnya. Tetapi fasilitas ini bisa saja bervariasi sesuai kemampuan penyelenggaranya. Menurut SK Menkes RI Nomor 983/Menkes/SK/XI?1992 tentang Pedoman Organisasi Rumah Sakit Umum, funfsi rumah sakit umum adalah sebagai berikut:
a)    Menyelenggarakan pelayanan medik
b)    Menyelenggarakan pelayanan penunjang medis dan non medis
c)    Menyelenggarakan asuhan keperawatan
d)    Menyelenggarakan pelayanan rujukan
e)    Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan
f)    Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan
g)    Menyelenggarakan administrasi umum dan keuangan.

2)    Rumah Sakit Terpesialisasi

Rumah sakit jenis ini mencakup trauma center, rumah sakit anak, rumah sakit manula, atau rumah sakit yang melayani kepentingan khusus seperti psychiatri ( rumah sakit jiwa), penyakit pernapasan (paru-paru), dan lain-lain.Rumah sakit terspesialisasi ini bisa terdiri atas gabungan ataupun hanya satu bangunan.Kebanyakan mempunyai afiliasi dengan universitas atau pusat riset medis tertentu.

3)    Rumah Sakit Penelitian / Pendidikan

Rumah sakit penelitian/pendidikan adalah rumah sakit umum yang terkait dengan kegiatan penelitian dan pendidikan di fakultas kedokteran pada satu universitas/lembaga pendidikan tinggi. Biasanya rumah sakit ini dipakai untuk pelatihan dokter – dokter muda, uji coba berbagai macam obat baru dan teknik pengobatan baru. Rumah sakit ini diselenggarakan oleh pihak universitas/perguruan tinggi sebagai salah satu wujud pengabdian masyarakat / Tri Dharma perguruan tinggi.

4)    Rumah Sakit Lembaga / Perusahaan

Rumah sakit lembaga/perusahaan merupakan rumah sakit yang didirikan oleh suatu lembaga/perusahaan untuk melayani pasien-pasien yang merupakan anggota lembaga tersebut/karyawan perusahaan tersebut. Alasan pendirian rumah sakit ini bisa karena penyakit yangberkaitan dengan kegiatan lembaga tersebut( misalnya rumah sakit militer, lapangan udara) ,bentuk jaminan sosial/pengobatan gratis bagi karyawan, atau karena letak/lokasi perusahaan yang terpencil/jauh dari rumah sakit umum. Biasanya rumah sakit lembaga/perusahaan di Indonesia juga menerima pasien umum dan menyediakan ruang gawat darurat dan ruang perawatan intensif untuk masyarakat umum.

jenis-jenis rumah sakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.