Sabtu, 09 April 2016

Zaskia gotik jadi duta Pancasila ?

Beberapa waktu lalu kita sempat dihebohkan tentang berita penghinaan lambang negara yakni oleh artis yang bernama Zaskia Gotik, saat acara talkshow ada satu sesi tanya jawab mengenai arti lambang negara, dan dengan polosnya si eneng ini menjawab lambang sila kelima pancasila dengan sebutan bebek nungging tampak pada rekaman dia dengan polosnya bilang "im smart" dan sangat gembira dan tertawa dengan jawaban yang di tulisnya. mungkin maksudnya lebih ke Joke hanya buat lucu-lucuan saja. namun saya sendiri sangat tidak enak mendengan joke yang beginian. benar-benar joke yang tidak bermutu sama sekali.


pada menit terakhir kita bisa lihat detik-detik penghinaannya.

Kuasa hukum Zaskia, Edi Ribut Harwanto menyatakan permohonan maaf pada presiden dilakukan atas inisiatif Zaskia sendiri. Bahkan sebelumnya Zaskia juga telah meminta maaf pada instansi negara lainnya seperti DPR RI dan Kepolisian RI. "Si Neng (panggilan Zaskia) tidak pernah bermaksud menodai lambang negara. Maka Neng menyampaikan maafnya pada presiden karena ini kekeliruan pengucapan saja," kata Edi. Edi beralasan, jawaban 'bebek nungging' yang dilontarkan Zaskia saat acara berlangsung adalah untuk kepentingan hiburan. "Perbuatannya memang iya, tapi itikad jahatnya kan tidak ada. Apalagi sampai merendahkan lambang negara," ucapnya. (CNN)

Lebih parahnya lagi Zaskia juga berkata hari proklamasi jatuh pada 32 Agustus sesudah azan subuh. Pedangdut goyang itik itu diduga melanggar UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang negara, dan lagu kebangsaan. dibenak saya pun terbesit banyak pertanyaan apa? dan bagaimana hal ini bisa terjadi? bagaimana dengan pelajaran disekolahnya, kemudian apakah cuma dia yang gak ngerti atau masih banyak orang Indonesia diluar sana yang belum memahami ini?



melihat backgroud pendidikannya yang hanya sampai SD, dalam hal ini saya tidak menghakimi semua orang yang tamatan SD lho ya. dan pilihan berkarir pada bidang musik mungkin saja menghilangkan semangat membaca dan belajar pada eneng ini, dan lebih fokus pada bidang hiburan, sehingga tanpa sadar keblabasan menulis jawaban sila kelima dengan seperti itu, ya tujuannya pasti hanya untuk menghibur penonton saja tanpa menimbang-nimbang hal lain seperti bahwa dia adalah seorang artis yang di tonton banyak orang dan hal - hal lainnya.  zaskia pun sudah meminta maaf  "Sekali lagi saya meminta maaf atas ketidakmampuan dan keterbatasan saya," tuturnya. Zaskia mengaku menuliskan sendiri surat tersebut di sela-sela pemeriksaan. mengkui bahwa dia banyak kekurangan, dan mengaku akan berubah menjaga lisannya. oleh karena ketidak tahuannya dan kemudian memang dia sudah minta maaf mudah-mudahan dengan tulus sebaiknya kita maafkan bersama, karena dengan momentum ini pula, secara tidak langsung turut juga menyadarkan banyak orang tentang pentingnya memahami pancasila dan lambang beserta artinya.  dengan momentum ini pula kita sadar masih banyak zaskia gotik lainnya yang tidak paham dan perlu bimbingan agar mengerti dan memahami arti pancasila itu sendiri.

Zaskia Gotik Menjadi Duta Pancasila.

Lepas dari jerat hukum usai dituding menghina pancasila, penyanyi dangdut Zaskia Gotik didorong menjadi Duta Pancasila oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Menurut Ketua Fraksi PKB di MPR, Abdul Kadir Karding, penunjukan ini adalah sebuah bentuk hukuman bagi Zaskia. "Inti menghukum itu mendidik. Kalau orang bersalah dibuat lebih baik, mengapa tidak?,” kata Abdul, pada Sabtu, 9 April. “Dia mau berubah, mau belajar, serta kami ingin memberikan perspektif pada bangsa bahwa menghukum itu dengan cara mendidik," ujarnya. saya melihat satu momentum bagus dari Fraksi PKB untuk menyadarkan banyak orang dengan menunjuk seorang zaskia gotik yang pernah menghina lambang negara hingga di tunjuk sebagai seorang Duta Pancasila. mungkin agak kontroversi dengan kuputusan ini, namun dengan penunjukan ini media banyak yang memberitakan baik koran, TV dan lainnya banyak orang yang pada akhirnya belajar lagi Pancasila dengan kejadian ini, banyak pembahasan-pembahasan dan forum diskusi yang di adakan untuk membahas hal ini, selain itu mungkin ini adalah hukuman yang positif untuk si eneng sendiri. dengan ditunjuk sebagai duta pancasila ada satu kewajiban moral dipundaknya untuk lebih giat belajar lagi memahami pancasila, agar tidak mempermalukan nama Bangsa indonesia lagi, dan semoga dapat mengajari dan membimbing orang-orang di Indonesia yang ada dipedalaman dan di daerah-daerah perbatasan tentang pentingnya memahami, menghayati dan mengamalkan pancasila.

Simpulan saran

Bagi Pemerintah dimohon untuk memfilter acara-acara yang tidak mendidik dan kebanyakan hanya talkshow tidak jelas, acara-acara seperti itu sangat merugikan masyrakat, karena frekuensi ini milik publik, milik umum yang harus digunakan sebanyak-banyaknya untuk kepentingan umum.

Perlunya acara-acara pendidikan kemudian sosialisasi ataupun kegiatan bela negara pada setiap rakyat Indonesia untuk bekal pengetahuan dan keterampilan, agar cinta Indonesia paham pancasila dan melaksanakannya dengan tulus.

mengenai penujukan zaskia sebagai Duta Pancasila, harus selalu ada pendampingan dari seorang pakar paling tidak seorang guru Pkn misalnya untuk selalu mengjari dan mendampinginya pada setiap even yang berhubungan dengan dirinya yangkini ditunjuk sebagai duta pancasila.

Pendidikan itu sangatlah penting mau jadi apapun anda jangan sampai tidak berpendidikan, paling tidak walaupun tidak sekolah anda bisa giat belajar sendiri banyak membaca buku dan lain sebagainya.


Zaskia gotik jadi duta Pancasila ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.