Rabu, 22 Juli 2015

BAGI ORANG TUA SILAHKAN BACA SEJENAK : APA ITU WARNET, dampak baik buruknya bagi anak ?



BAGI ORANG TUA SILAHKAN BACA SEJENAK : APA ITU WARNET, dampak baik buruknya bagi anak ?

Warnet adalah singkatan dari warung internet, adalah tempat yang menawarkan jasa penyewaan seperangkat komputer yang dapat mengakses internet, baik itu berupa informasi tertulis, video dan lain-lain. Informasi bisa berupa konten positif dan negative, namun pada warnet yang operator nya tegas dan memiliki peraturan yang bagus tentu konten negatif akan dihilangkan dan user/pemain warnet akan ditegur dan atau dikeluarkan dari warnet jika tetap membandel.

-    Pedang beramata dua

 Warnet itu bagai pedang bermanta dua seperti penjelasan diatas karena akses internet bisa memiliki konten positif dan konten negative tergantung user/pemain memanfaatkannya, pun demikian konten negative tentu dapat ditanggulangi dengan penerapan peraturan yang tegas pada setiap warnet.

-    Tempat belajar dan bermain

Warnet adalah tempat mengakses internet didalamnya terkumpul jutaan informasi bahan bacaan teknologi pengetahuan dan banyak hal lainya dengan mengakses internet tentu sedikit banyak akan memperoleh informasi.  Warnet juga tempat seorang bermain game online, banyak sekali manfaat dalam bermain, baik di dunia nyata mapun maya. Asal tentu porsinya pas dan tidak berlebihan. Apalagi bermain game online di warnet yang baik akan ada banyak dampak positif yang diperoleh yakni menjadikan anak aktif bersosialisasi dengan kawan-kawannya kemudian meningkatkan konsentrasi anak, sedikit banyak membuat anak mengerti penggunaan computer, mengerti bahasa-bahasa asing sperti bahasa inggris. Dan manfaat lainnya.

-    Warnet membuat anda lebih mudah mengontrol anak.

Lho kok bisa ? pasti ini pertanyaan yang muncul dipikiran anda sebagai orang tua. Ya benar  dengan mengetahui anak anda bermain diwarnet anda akan lebih mudah mengontrol anak anda, terleih jika Operator wanetnya tegas anda dapat menitipkan anak anda di warnet sebagai tempat bermain dan belajar, titipkan anak anda dengan mas-mas penjaga warnet suruh jaga jangan sampai melihat konten negatif.  Main diwarnet menjaga anak anda dari perbuatan jelek lain seperti minum-minuman keras, merokok, balap liar dan lain –lain. Main warnet lebih mudah mengontrol anak anda karena paling-paling yang dimainkan Cuma game online atau paling tidak mengerjakan tugas dengan cari konten2 pengetahuan di internet.

-    Kenapa Anda masih Berbandangan negatif dengan warnet ?

Warnet adalah usaha yang halal, dan jika anda tegas dalam membuat peraturan diwarnet apa salahnya membukan usaha warnet. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas warnet memiliki 2 sisi, jadi tergantung pemilik dan operator warnet mengelola warnetnya. Dan jika anda berpandangan negatif tentang warnet anda sangat salah besar karena teknologi informasi adalah sumber kemajuan utama suatu bangsa. Internet adalah penunjang dan pilar utama perkembangan kemajuan teknologi informasi. Apa anda lebih suka anak anda main dijalan,muter-muter komplek naik motor atau main judi mabuk2an dan lain-lain dari pada main warnet? Coba pikirkan lagi.

-    Jaga etika

Pun jika dengan penjelasan saya diatas anda masih berpandangan negatif dengan warnet harap jaga etika anda saat menjemput anak anda diwarnet, jangan pakai kekerasan ditempat orang, dan jaga ucapan anda saat menasehati anak anda diwarnet lebih baik bawa pulang dulu anak anda. Main warnet tidak membuat anak anda menjadi seorang bajingan tapi kata-kata andalah doa dan ucapan bisa jadi kenyataan, ucapan dan umpatan kotor anda bisa berbuah pada anak anda bukan dari warnetnya. jadi jaga etika dan sopan santun.

BAGI ORANG TUA SILAHKAN BACA SEJENAK : APA ITU WARNET, dampak baik buruknya bagi anak ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.