Jumat, 05 Desember 2014

Berita kapal asing ditenggelamkan, dari pada di bom mending untuk nelayan

Marak di berita-berita stasiun TV nasional maupun lokal memberitakan tentang kapal asing yang ditengelamkan oleh TNI di laut Anambas, tiga kapal asing itu terbukti berulangkali melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia secara ilegal.



Namun menurut hemat saya, Saya sebagai orang awam yang mungkin agak sedikit naif, ada baiknya kapal tidak di tengelamkan namun di sita saja kemudian di hibabkan ke kelompok nelayan Kita yang membutuhkan kapal untuk mencari ikan, karena masih banyak nelayan - nelayan kita atau bahkan kelompok nelayan yang tidak memiliki kapal atau perahu motor sendiri, pun jika ingin berlayar mencari ikan mereka biasanya menyewa. nah jika saja kapal-kapal asing yang tertangkap ini dikelola oleh lembaga tertentu kemudian di jadikan suatu barang yang produktif kenapa tidak.

Mungkin benar, bisa jadi dengan meledakan kapal yang melakukan pelanggaran batas wilayah dan melakukan ilegal fishing akan membuat efek jera bagi pelaku dan menegakan kedaulatan tapi alanghkah lebih baik jika semua itu tidak di sia-siakan, paling tidak kita menghemat peluru/bom hanya untuk menghancurkan kapal kelas teri hehehe. lebih bijak dikelola dan dihibahkan ke nelayan bukan?. selain membantu para nelayan meningkatkan penghasilan juga menghindari pemborosan (bom,kapal yang tenggelam sia-sia).

mungkin ini opini saya yang tidak tau apa-apa tapi mungkin ada yang sependapat dengan saya atau ada yang kontra silahkan dikomentari. trimakasih.

Berita kapal asing ditenggelamkan, dari pada di bom mending untuk nelayan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.