Kamis, 02 Oktober 2014

Motivasi siswa dengan nilai dan stempel

Motivasi siswa dengan nilai dan stempel | www.ras-eko.com - Sahabat guru atau calon guru yang budiman, beberapa waktu lalu saat saya sedang mengunujungi group facobook IGI ada satu post thread yang saya pikir bagus untuk di post ke blog saya ini.


Motivasi siswa dengan nilai dan stempel
Motivasi siswa dengan nilai dan stempel


Nama FB nya Pak Iwan Ardhie Priyana, Beliau share tentang betapa senangnya anak didiknya yang diberi stempel karena nilainya bagus, dan itu membuat seluruh kelas menjadi giat belajar dan menginginkan mendapatkan stempel itu.


Teman teman di Grup ini pernah men ta foto yang berisi stempel. Saya menirunya dengan sedikit modifikasi, dan dijadikan cap untuk siswa yang selesai mengerjakan tugas. Hasilnya mengejutkan, semua siswa bersemangat mengerjakan tugas karena ingin mendapat stempel. Bahkan siswa yang selama ini suka ogah ogahan mengerjakan tugas pun menjadi rajin dan aktif mengerjakan tugas.

Nah kira-kira begitu post threadnya, hal ini bisa saja ditiru dan dicontoh oleh guru lain, kalau ada nilai positif dan bermanfaat kenapa tidak. Mungkin memang sepele tapi dari yang sepele ini anak-anak didik kita yang masih lugu dan polos menganggapnya hal yang baik dan patut diperjuangkan. namun bagitu sahabat guru dan calon guru yang budiman jangan cuma memberikan stempel ucapan verbal juga perlu diberikan bakar terus semangat anak didik kita.


Nilai dan stempel atapun ucapan penghargaan adalah komponen yang bisa dikombinasikan menjadi pembakar semangat anak untuk giat belajar. Jika pun anak banyak melakukan kesalahan atau mengisi soal tugas banyak yang keliru, jangan serta merta dikasih nilai yang jelek atau kalimat verbal yang buruk, hal negatif akan berpengaruh negatif, bisa juga bapak ibu guru memberikan nilai dan stempel alternatif atau jangan diberi nilai cukup diberi stempel dan dikasih penjelasan ke anak didik kita misal

Nak, karena jawaban kamu masih belum tepat bapak/ibu hanya kasih stempel, begini ibu kasih tahu kalau soal ini begini ... balabalabala.. jadi ananda baiknya begini.. tapi jawaban kamu sebelumnya sudah bagus namun belum tepat, tetap semangat belajar ya nak.. bla bla bla

Mungkin dengan begitu kejadian 6x4 dan 4x6 tidak akan seheboh kemarin hehehe, mungkin segitu saja postingan saya kali ini, semoga bermanfaat ya sahabat guru dan calon guru. kalau ada yang perlu dikoreksi silahkan dikomentari. trimakasih.

Motivasi siswa dengan nilai dan stempel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.