Kamis, 25 September 2014

Save Spongebob Hastag rame di Indonesia

Save Spongebob | ras-eko.com - Bagi kalian penggemar kartun spongebob pasti sudah mendengar kabar buruk ini, ya kabarnya kartun kesukaan kita spongebob bakalan di larang di siarkan di Indonesia oleh KPI ( Komisi Penyiaran Indonesia).


Karakter Spongebob
Karakter Spongebob

Ramai di media sosial baik facebook maupun twitter hastag (#) #savespongebob. Hal ini berasal dari keputusan KPI untuk mem blacklist  beberapa kartun seri maupun anime seri di Indonesia yang spongebob ikut masuk dalam daftar balcklist itu. Rame-rame para penggermar dan penikmat kartun spongebob pun protes dengan berbagai kalimat di bubuhi hastag #saveSpongebob.


Saya pun ikut juga dengan post di facebook untuk meramaikan dan menolak keputusan itu.






Kenapa sih KPI sampai bertindak seperti itu katanya sih berdasarkan kajian dan hasil pemantauan yang telah dilakukan secara intensif terhadap tayangan anak dan kartun yang disiarkan stasiun televisi, KPI memutuskan terdapat beberapa tayangan anak dan kartun berbahaya dan tidak layak ditonton anak-anak. Tayangan tersebut penuh dengan muatan-muatan yang berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak, yaitu

Kekerasan fisik (mencekik, menonjok, menjambak, menendang, menusuk dan memukul), Kekerasan terhadap hewan, Penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai seperti pisau, balok, dan benda-benda lainnya, Kata-kata kasar, Adegan-adegan berbahaya, Perilaku yang tidak pantas seperti membuka celana dan memperlihatkan ke teman-teman dan merusak benda-benda Sifat-sifat negatif (emosional, serakah, pelit, rakus, dendam, iri, malas, dan jahil), Muatan porno, Unsur-unsur mistis, Dalam memberikan penilaian terhadap tayangan anak dan kartun, KPI telah meminta pandangan dari para pakar dan pemerhati anak yang memiliki kompetensi dalam bidangnya, yaitu Seto Mulyadi (Komnas Anak), B. Guntarto (YPMA), Elly Risman (Yayasan Kita dan Buah Hati), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), perwakilan Deputi Perlindungan Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, perwakilan dari KOWANI dan Muslimat. Para pakar dan pemerhati anak sepakat bahwa tayangan anak dan kartun di Indonesia telah melampaui batas-batas kewajaran. Kami sangat prihatin atas maraknya muatan-muatan kekerasan dan berbahaya dalam tayangan anak dan kartun, mengingat anak-anak belum memiliki daya filter yang baik terhadap apa yang dilihat dan didengarnya dari televisi. Bahkan terdapat program kartun dengan kekerasan yang eksplisit dan masif ditayangkan setiap hari dengan frekuensi 2 kali sehari. Hal ini tentu saja akan mendorong daya imitasi yang berpengaruh terhadap sikap, pola pikir dan kepribadian anak-anak Indonesia.

Namun demikian ada banyak sisi positif yang ada pada kartun spongebob, atau bisa saja kan grade nya masuk dalam daftar bimbingan orang tua (BO), palahan lebih banyak film sinotron gak jelas bermunculan di layar kaca kita, lelucon gak jelas, dan gak menghibur, penuh dengan kata-kata kotor, eh ini kok palah kartun yang lucu dan menghibur penuh dengan motivasi yang di blacklist.
(baca juga pesan moral kartun spongebob)

treding hastag di twitter
treding hastag di twitter






Anda juga bisa baca sekilas tentang spongebob disini

Save Spongebob Hastag rame di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.