Jumat, 26 September 2014

Pengertian Politik

Pengertian Politik  | ras-eko.com - banyak orang memperbincangkan tentang politik, dari buruh pabrik sampai marbot masjid, dari kepala desa hingga presiden. Ada yang bilang politik itu kejam, ada yang bilang dalam hidup kita harus siap berpolitik jika tidak mau dipolitisi, ada yang ekstrem bilang politik itu busuk. tapi apa sebenarnya arti politik itu sendiri?



Jadi apa sebenarnya pengertian politik ?


Menurut wikipedia Politik (dari bahasa Yunani: politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara), adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Menurut Ramlan Surbakti (1999 : 1) bahwa definisi politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Menurut F. Isjwara, (1995 : 42) politik ialah salah satu perjuangan untuk memperoleh kekuasaan atau sebagai tekhnik menjalankan kekuasaan - kekuasaan”.

Menurut Kartini Kartono (1996 : 64) bahwa politik dapat diartikan sebagai aktivitas perilaku atau proses yang menggunakan kekuasaan untuk menegakkan peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yangsah berlaku di tengah masyarakat.

Kemudian saya pribadi menyimpulkan bahwa politik itu sendiri adalah berbagai macam teknik memperoleh, memperlama, dan meneruskan kekuasaan  pemerintahan baik di tingkat paling bawah sampai dengan tingkat atas, baik secara positif maupun secara negatif.

Menurut sahabat pembaca bagaimana? silahkan di komentari.

Pengertian Politik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.