Sabtu, 16 Agustus 2014

Tujuan dan cara Massase Uterus

Tujuan dilakukannya massase uterus adalah untuk mencegah terjadinya perdarahan dengan memastikan tonus otot keras sebagai akibat dari kontraksi uterus dan memberikan rangsangan taktil apabila kekuatan kontraksi atau tonus otot melemah.

Adapun cara melakukan massase uterus ialah sebagai berikut:

a.    Pastikan kandung kemih ibu kosong. Jika kandung kemih penuh dapat mendorong rahim ibu ke samping, membuat rahim ibu tetap tidak dapat berkontraksi dengan baik dan dapat mengakibatkan pendarahan lebih.

b.    Letakkan telapak tangan di atas perut ibu. Cari fundus uterus ibu, pastikan apakah tonus otot ibu kuat atau lemah. Fundus ibu akan teraba seperti membundar seperti kepalan tinju atau buah jeruk.

c.    Jelaskan pada ibu bahwa tindakan yang akan dilakukan akan menyebabkan timbulnya sedikit rasa nyeri. Tapi hal ini diperlukan untuk mengendalikan jumlah perdarahan. Oleh karena itu anjurkan ibu untuk menarik nafas dalam dan perlahan secara rileks.

d.    Dengan lembut gerakkan tangan dengan arah memutar searah jarum jam pada fundus uteri supaya uterus berkontraksi.

e.    Pastikan uterus berkontraksi dengan baik dengan selalu mengobservasi tonus uterus ibu apakah kuat atau lemah. Bila perlu ajarkan kepada ibu bagaimana melakukan massase uterus.
Masase Fundus uteri di lakukan  setiap 15 menit selama 1 jam pertama setelah persalinan, kemudian setiap 30 menit selama 1 jam kedua setelah persalinan.

Tujuan dan cara Massase Uterus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.