Sabtu, 16 Agustus 2014

Periode Masa Kehamilan

Ditinjau dari lamanya kehamilan, kita bisa menentukan periode kehamilan dengan membaginya dalam 3 bagian yaitu :

Kehamilan Trismester I (0-12 minggu)
Masa ini disebut pada masa organogenesis, dimana dimulainya perkembangan organ-organ janin. Apabila terjadi cacat pada bayi nantinya, pada masa inilah penentuannya. Jadi pada masa ini ibu sangat membutuhkan cukup asupan nutrisi dan juga perlindungan dari trauma. Pada masa ini uterus mengalami perkembangan pesat untuk mempersiapkan plasenta dan pertumbuhan janin. Selain itu juga mengalami perubahan adaptasi dan psikologisnya. Dimana ibu ingin lebih diperhatikan. Emosi ibu labil, ini akibat pengaruh adaptasi tubuh terhadap kehamilannya.

Kehamilan Trismester II (12-28 minggu)
Dimasa ini organ-organ dalam tubuh janin sudah terbentuk tapi viabilitasnya masih diragukan. Apabila jalan lahir, belum bisa bertahan hidup dengan baik. Pada masa ini ibu sudah bisa merasa nyaman dan bisa beradaptasi dengan kehamilannya.

Kehamilan Trismester III (28-40 minggu)
Pada masa ini perkembangan kehamilan sangat pesat. Masa ini disebut masa pematangan. Tubuh sudah siap untuk proses persalinan. Payudara sudah mengeluarkan suatu kolostrum. Pengeluaran hormon estrogen dan progesteron sudah mulai berkurang. Terkadang akan timbul kontraksi atau his pada uterus. Janin yang akan lahir dalam masa ini telah dapat hidup atau viabel (Marmi, 2011).

Periode Masa Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.