Sabtu, 16 Agustus 2014

Jenis pengetahuan

Menurut Bakhtiar (2012), mengemukakan bahwa pengetahuan yang dimiliki manusia ada empat yaitu :

1)    Pengetahuan biasa, adalah pengetahuan yang dalam filsafat dikatakan denngan istilah “common sense” dan sering diartikan dengan good sens, karena seseorang memiliki sesuatu di mana ia menerima secara baik. Semua orang menyebutnya sesuatu itu merah karena memang itu merah, benda itu panas karena memang dirasakan panas dan sebagainya.

2)    Pengetahuan ilmu, adalah ilmu sebagai terjemahan dari science. Dalam pengertian yang sempit science diartikan untuk menunujukan ilmu pengetahuan alam, yang sifatnya kuatitatif dan objektif, prinsipnya yaitu usaha untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan common sense, suatu pengetahuan yang berasal dari pengetahuan dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

3)    Pengetahuan filsafat, adalah pengetahuan yang diperoleh dari pemikiran yang bersifat kontemplatif dan spekulatif. Pengetahuan filsafat lebih menekankan pada universitas dan kedalaman kajian tentang sesuatu yang bersifat reflekstis dan kritis, sehingga ilmu yang terjadi kaku dan cenderung tertutup terjadi longgar kembali.

4)    Pengetahuan agama, adalah pengetahuan yang hanya diperoleh dari Tuhan lewat para utusan-Nya. Pengetahuan agama bersifat mutlak dan wajib diyakini oleh para pemeluk agamanya. Pengetahuan mengandung beberapa hal yang pokok yaitu ajaran tentang cara berhubungan dengan Tuhan, yang sering juga disebut dengan hubungan vertikal dan cara berhubungan dengan sesama manusia, yang sering juga disebut dengan horizontal.

Jenis pengetahuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.