Selasa, 15 Juli 2014

Inovasi pendidikan tinggi jarak jauh Universitas Terbuka


Indonesia kini sedang giat-giatnya membangun mutu pendidikannya, anggaran pendidikan di naikan sistem dan pola pendidikannya di kaji dan di mutakhirkan, agar sejalan dengan pendidikan-pendidikan yang ada di negara maju, walau tidak melampaui paling tidak, tak terlalu jauh ter tinggal di belakang. Akan tetapi  negara Indonesia yang begitu luas banyak daerah-daerah terpencil nun jauh di belantara, alas, hutan dan lain sebagainya susah sekali mendapatkan pendidikan walaupun ada yang bersekolah  paling-paling hanya sampai di tingkan SMA. oleh karena itu perlu adanya inovasi terbaru agar pendidikan di Indonesia khususnya di daerah yang akses perjalannya sulit agar bisa juga mendapat fasilitas pendidikan sampai dengan perguruan tinggi.

Adalah UT atau Universitas Terbuka telah memberi ruang pendidikan Indonesia menjadi sama rata. dengan mottonya "Membuka Akses Pendidikan Tinggi untuk Semua" UT membuat inovasi sistem pendidikan jarak jauh atau disingkat PJJ, apa itu sistem PJJ sebenarnya sehingga bisa merentangkan sayap pendidikan di Indonesia sampai kepelosok Nusantara Sisitem PJJ merupakan sistem pendidikan yang memiliki daya jangkau luas lintas ruang, waktu, dan sosioekonomi. Sistem PJJ membuka akses terhadap pendidikan bagi siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Melalui berbagai perangkat hukum yang telah dikeluarkan pemerintah, yaitu SK Mendiknas No. 107/U/2001, UU Sisdiknas No. 20/2003, PP 17/2010, dan juga PP 66/2010, sistem PJJ sudah menjadi bagian yang menyatu dalam dunia pendidikan di Indonesia, dan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memperoleh akses terhadap pendidikan, termasuk pendidikan guru dan tenaga kependidikan.

Dalam perjalannya UT menggunakan sistem pendidikan jarak jauh dari mengambil manfaat besar perkembangan media dan teknologi pembelajaran baik melalui internet, TV, Radio dan kantor pos untuk mendistribusikan bahan ajarnya yang dapat menjembatani kebutuhan akan pendidikan secara massal dan luas. Perkembangan teknologi yang pesat memunculkan model pendidikan jarak jauh yang fleksibel dan cerdas, mampu membuka akses pendidikan bagi siapa saja melintasi batas ruang dan waktu, serta mengatasi berbagai kendala sosioekonomis.

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikas berbasis internet inilah yang membuat pendidikan di abad 21 ini semakin mudah dilaksanakan, bahkan tidak lagi harus saling tatap mukan melainkan menggunakan media internet.walau begitu UT menjamin pendidikannya bermutu dan dapat di pertanggung jawabkan, bahkan UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

Oleh karena banyak hal di atas Indoneisa kini bisa mencetak sumberdaya manusia sampai berpendidikan starta 1 bahkan lebih jauh lagi dari banyak media ada yang menceritakan mahasiswa UT bahakan ada yang mendapat IPK 4.00 dan dapat bersaing dengan alumni universitas biasa. Oleh karenanya bukan tidak mungkin UT dengan sistem PJJ nya bisa mencetak generasi baru yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.


Inovasi pendidikan tinggi jarak jauh Universitas Terbuka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.