Minggu, 02 Februari 2014

Tujuh Dosa Sosial Menurut Gandhi Yang Mirip Kondisi Sosial di Indonesia bag 1

1.    Politik tanpa prinsip

Pada saat ini kita hampir kesulitan untuk menemukan politikusnyang mengikuti prinsip-prinsip kebenaran. Apabila ada politikus yang ingin jujur, mayoritas akan segara menolaknya. Hal yang sering kita temui kemudian adalah para politikus yang serakah. Kebanyakan menjadi sangat kaya dalam masa jabatannya, korupsi, dan melakukan penipuan terhadap rakyat.

Plato pernah berkata, “..baik para filsuf yang benar dan sejati menemukan jalan mereka menuju otoritas politik atau politisi kuat dengan dukungan takdir membawa kepada filsafat yang benar.” Para filsuf adalah orang-orang dari prinsip-prinsip.

2.    Kekayaan Tanpa Kerja

Tidak ada orang yang dapat melarikan diri dari tindakan baik secara fisik, mental, maupun intelektual. Kekayaan harus hanya berasal dari hasil kerja keras yang jujur. Kita juga harus menggunakan kekeyaan dalam kebaikan untuk kemanusiaan hal ini berkaitan dengan bidang ekonomi

3.    Kegiatan Ekonomi Tanpa Etika Moral

Kegiatan ekonomi tidak hanya urusan barang, tetapi semua transaksi atau interaksi antara individu-individu, dalam lingkup besar maupun kecil . moralitas adalah kata lain dari pngorbanan diri. Seseorang yang berbisnis harus bertindak sebagai wali amanat masyarakat yang dapat di percaya, apapun yang ia dapatkan dari masyarakat karena pada akhirnya semua kembali kepada masnyarakat.

sumber : Prana, Wied. Gandhi Manusia Bijak Dari Timur, Jogjakarta, Garasi 2010

Tujuh Dosa Sosial Menurut Gandhi Yang Mirip Kondisi Sosial di Indonesia bag 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.