Jumat, 08 November 2013

Dari Dahulu Pemimpin Muslim Anti Korupsi

Sahabat pembaca yang budiman seorang muslim hakikatnya adalah ia yang menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya. Artinya seorang muslim tentu sangat di larang sekali  melakukan pencurian kecil apa lagi korupsi yakni merampok uang negara yang pada hakikatnya untuk kesejahteraan rakyat. lalu bagaimana dengan pejabat-pejabat pemerintahan yang merupakan seorang muslim, banyak kita lihat di tayang televisi beberapa di antara mereka di tangkap karena kasus korupsi dan sebagainya, kenapa hal ini bisa terjadi dan seharusnya bagaimana, mari kita tuntaskan bersama.





Hakikat Seorang Pemimpin Muslim Seharusnya seperti apa ?

Seorang pemimpin ataupun orang yang memiliki jabatan di dalam pemerintahan dan kebetulan juga dia seorang muslim haruslah meniru akhlak dari Rassulullah Saw jika ingin pekerjaannya di ridhoi oleh Allah SWT karena beliau adalah pemimpin yang ideal dan sebaik-baik suri teladan seperti yang tertulis pada al-quran yang kurang lebih terjemahaannya sebagai berikut.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS.al-Ahzab [33]: 21).

Oleh karena hal di atas maka seorang pemimpin muslim baiknya meniru sifat-sifat nabi yakni.

(1) Siddiq (jujur)

Setiap muslim apalagi yang menjadi pemimpin hendaknya bersikap jujur, dengan bersikap jujur maka insya Allah tentu akan di percaya oleh rakyatnya. Walau pasti ada godaan menerpa silih berganti, anggaplah itu ujian dari Tuhan, dan seberat-berat ujian jika kita menyelesaikannya dengan baik tentu akan berbuah manis seperti yang diterangkan dalam hadist berikut yang kurang lebih artinya.

Sesungguhnya pahala besar karena balasan untuk ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah. Barangsiapa siapa yang tidak suka, maka Allah pun akan murka. (HR. Ibnu Majah no. 4031, hasan kata Syaikh Al Albani).

dengan bersikap jujur walaupun berat, kita akan meninggalkan yang namanya korupsi, oleh karena itu sejak dahulu seorang muslim memang sangat anti korupsi. 

(2) Tabligh (penyampai)

Seorang muslim yang menjadi seorang pemimpin tentu juga dia harus memiliki sifat tabligh, pandai menyampaikan sesuatu dengan rakyatnya tentu saja juga di landasi sifat siddiq atau jujur sperti di atas insya Allah jalan menjadi seorang pemimpin yang di cintai rakyat terbuka lebar.

(3) Amanah (bertanggung jawab) 

Seorang muslim dalam menjalankan tugasnya, haruslah amanah artinya dia bertanggung jawab atas pekerjaannya, disiplin, dan mencintai rakyatnya dengan bekerja keras demi kemakmurat rakyat. Jika melakukan keslahan siap diberi sangsi dan siap dengan segala konsekunsinya. seperti yang tercantum pada hadist berikut.

Kamu semua adalah pemimpin, dan kamu semua adalah bertanggung jawab dengan pimpinannya. Maka seorang imam (pemimpin) adalah sebagai penggembala yang akan ditannya tentang pimpinannya. Dan seorang laki-laki (suami) adalah sebagai pemimpin dalam keluarganya dan ia akan ditanyakan tentang pimpinannya. Dan seorang wanita (istri) adalah pemimpin dirumah suaminya yang ia akan ditanyakan tentang hasil pimpinannya. Seorang pembantu (pelayanan asisten) adalah menjadi pemimpin dalam mengawasi harta benda tuannya, dan ia bertanggung jawab (akan ditanyakan) dari hal pimpinannya. Dan seorang anak adalah pengawas harta benda ayahnya yang ia akan ditanyakan tentang hal pengawasannya. Maka kamu semua adalah pemimpin dan kamu semua akan ditanyakan tentang perhatiannya. (HR. Bukhari-Muslim)

Jika seorang muslim sudah amanah tentu dia juga merupakan seorang muslim yang anti korupsi, memang dari dahulu seorang muslim itu sangat anti korupsi.

(4) Fathanah (cerdas) 


Seorang muslim dalam membuat perencanaan, visi, misi, strategi dan mengimplementasikannya. beriringat dengan sifat- sifat lainnya seperti yang telah saya terangkan di atas. Jika seperti itu seorang pemimpin yang cerdas tentu tidak akan membodohi rakayatnya atau bawahannya. dan tentu saja dia anti korupsi, bukan hanya uang yang tidak di korupsi melainkan waktu dan hal-hal lainnya yang merugikan rakyat tentu dia sangat anti.

Kenapa beberapa pemimpin muslim korupsi?

Tidak bisa kita pungkiri beberapa pemimpin kita yang seorang muslim, ada yang melakukan tindakan korupsi dan kejahatan lainnya. penyebab utamanya tentu beberapa orang itu, tidak meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.  Padahal sangat penting seorang muslim meneladani sifat nabi, walaupun tidak secara penuh karena memang kita adalah manusia biasa. oleh karena itu sebagai manusia yang senantiasa salah kita di anjurkan untuk selalu bertaubat, tentu saja taubat yang sungguh-sungguh yakni berjanji tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. seperti beberapa perintah Allah SWT yang kurang lebih terjemahannya sebagai berikut.

" Dan Allah menghendaki untuk menerima taubat kalian.” (QS. An Nisaa’: 27).

“Dan orang-orang yang mengerjakan dosa-dosa kemudian bertaubat sesudahnya dan beriman maka sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengampun dan Penyayang.” (QS. Al A’raaf: 153)

“Dialah Allah yang menerima taubat dari hamba-hambaNya dan Maha mengampuni berbagai kesalahan.” (QS. Asy Syuura: 25)

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)
dan setelah bertaubat baiknya merubah kelakuan yang buruk menjadi kelakuan yang baik, dari yang korupsi maka bertaubatlah dan tidak  lagi melakukan korupsi, serta bertanggung jawab dengan apa yang telah di lakukan. karena memang pada hakikatnya seorang muslim itu anti korupsi dan seorang yang korupsi tentu telah menyeleweng dari ajaran kebenaran.

Lalu seharusnya generasi muda muslim melakukan apa?

Kita generasi muda muslim, yang harus kita lakukan adalah mengawasi pemimpin muslim kita yang di atas selalu mengingatkan jika pemimpin kita serta menempa diri kita agar menjadi pribadi yang mengikuti suri tauladan nabi, sahabat-sahabat nabi dan para ulama yang soleh tentunya.

Saya jadi teringat seroang sahabat nabi yang telah mendapat jaminan surga yakni Abu Bakar ash-Shidiq. beliau pernah berpidato urang lebih artinya sebagai berikut.

” Saudara-saudara, aku dipilih menjadi pemimpin bukan karena aku terbaik diantara kalian. Bantulah aku jika aku berbuat baik dan luruskan aku jika berbuat salah. Sifat jujur adalah amanah dan kebohongan adalah khianat. ‘Orang lemah’ diantara kalian aku pandang kuat posisinya disisiku dan aku akan melindungi hak-haknya. ‘Orang kuat’ diantara kalian aku pandang lemah posisinya disisiku. Aku akan mengambil hak-hak yang mereka peroleh dengan jalan zalim untuk kemudian dikembalikan kepada yang berhak. Janganlah meningalkan jihad, sebab Allah akan menimpakan kehinaan kepada kaum yang meinggalkan jihad. Patuhlah kepadaku selama aku mematuhi Allah dan Rasul-Nya. Dan janganlah mematuhiku jika aku durhaka kepada Allha dan Rasul-Nya. Kini marilah mendirikan Shalat. Semoga Allah SWT melimpahkan Rahmat-Nya kepada kita semua”.
Abu Bakar ash-Shidiq merupakan shabat kebanggaan nabi dan selalu mengikuti suri tauladan nabi sehingga beliau di cintai oleh umat pada masanya hingga sampai saat ini. dengan mengikuti sifat Nabi, Sahabat Nabi, dan para Ulama penerus para nabi. Insya Allah kita akan menjadi muslim yang baik dan anti korupsi. amin

Kunjungi link berikut untuk menjadi pribadi muslim yang baik

Website resmi Nahdlatul Ulama www.nu.or.id
Media Muslim Terbaik www.muslimedianews.com
Media dakwah Islam terdepan www.cyberdakwah.com
Info & belajar Islam terkini www.islam-institute.com
Searh Engine Islam Tepercaya www.aswajanu.com


sekian

Dari Dahulu Pemimpin Muslim Anti Korupsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

8 komentar:

  1. muslim korupsi itu gak cerdas, mendingan turun dari pada malu2in umat iya gak om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju om, tapi kebnyakan gak tau malu sih jadi gak mau mundur.. $-)

      Hapus
  2. korupsi musuh kita bersama, Hancurkan !!! :-b

    BalasHapus
  3. Semoga pemimpin muslim kita, menjadi lebih amanah dan dapat dipercaya lagi amiiiin

    BalasHapus
  4. memang dari dahulu seharusnya para pemimpin muslim yang harus menyuarakan anti korupsi bukan sebaliknya.

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.