Minggu, 27 Oktober 2013

refleksi sumpah pemuda kini

Indonesia setiap tanggal 28 Oktober selalu memperingati satu hari yang bernama hari sumpah pemuda. dahulu kala para pemuda indonesia dari seluruh tanah air berikrarbertumpah darah satu dan berbahasa satu. sebenarnya yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta), Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

yang kurang lebih bunyinya sebagai brikut :

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
sumpah di atas merupakan titik puncak ataupun klimaks kebangsaan pemuda Indonesia pada jaman dahulu demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. mengakhiri segala konflik antar suku dan antar agama, antar adat dan budaya kemudian bernaung pada rasa nasionalisme yang sangat kuat yakni menjadi seorang bangsa Indonesia yang benar-benar mantap. dengan sumpah seperti di atas paling tidak sampai saat ini bangsa Indonesia masih terus bersatu dalam ikatan tali persaudaraan.

sungguh kejam rasanya jika ada orang-orang yang menginginkan perpecahan bangsa ini, bangsa yang dibuat dengan tempaan yang sangat berat dari perasaan senasib sepenanggungan saat di jajah beberapa kali oleh bangsa asing dan bahkan bangsa sendiri. kemudian kita merdeka dengan semangat kepemudaan yang benar-benar mencintai bangsa ini. namun begitu ada saja oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan agama, suku dan lain sebagainya menginginkan Indonesia ini terpecah belah. bagaimana tidak Indonesia yang sebesar ini dengan berbagai macam suku dan agama tiba-tiba ada sekelompok tertentu menginginkan menjadi negara agama ini, tiba - tiba ada sekelompok orang ingin memisahkan diri, ini dan itu. kita sebagai pemuda ataupun pemudi bangsa ini harus bersiap membentengi diri dari segala macam doktrin yang memecah belah tatanan yang penuh dengan kearifan, toleransi dan kekeluargaan ini. 

seandainya pemuda Indonesia tidak berikrar seperti di atas bisa jadi tidak ada yang namanya bangsa Indonesia, kepualauan nusantara ini akan terpisah-pisah  karena ego masing-masing dan kepentingan oknum masing-masing yang hanya berlandaskan doktrin yang kurang tepat.

mungkin memang benar, kemakmuran Indonesia belumlah merata dengan baik. hanya di beberapa pulau tertentu yang makmur, namun tidak serta merta dengan alasan ini kita meninggalkan bangsa ini. pemuda masa kini harus lebih cerdas dalam menghadapi kemajuan jaman dan teknologi, harus pandai memilah dan memilih informasi agar tidak terjebak dakam doktrin - doktrin yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa. sebagai pemuda Indonesia modern yang lebih maju harus lah lebih bisa memaknai makna sumpah pemuda masa kini jangan sampai juga tergerus oleh budaya asing tetap menjujung bahasa Indonesia walau banyak bahasa gaul bersliweran, tetap menjaga perdamaian dan tali persaudaraan sebangsa setanah air, jangan sampai saling ejek antar suku dan agama seperti yang sering terjadi di forum-forum debat antar agama di internet hal ini tidaklah menunjukan kepribadian bangsa Indonesia yang ramah, malah akan semakin memecah belah bangsa Indonesia. 

konsiten menjadi bangsa Indonesia berarti kita juga harus konsisten dengan hukum yang di buat dan harus di tegakkan. korupsi, suap dan kejahatan lainnya merupakan bentuk tidak konsistennya seseorang menjadi bangsa Indonesia dan itu harus di hindari mulai sejak dini. setiap sistem akan lancar dan berjalan dengan benar dan pemuda masa kini harus bisa bergerak menjadi motor yang kokoh dan tangguh dan tahan akan segala godaan yang akan menghentikan laju perkebangan bangsa Indonesia.

semoga dengan peringatan sumpah pemuda hari ini menjadi bahan refleksi kita kedepannya apakah kita masih konsisten dengan sumpah yang dulu pemuda Indonesia buat. apa sumpah mu kini masih untuk Indonesia? atau hanya untuk gombalin pacarmu hehehhee


refleksi sumpah pemuda kini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.