Selasa, 14 Mei 2013

pengertian peranan

Peranan berasal dari kata peran. Peran memiliki makna yaitu seperangkat tingkat diharapkan yang dimiliki oleh yang berkedudukan di masyarakat. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2007: 845) “peranan adalah bagian dari tugas utama yang harus dilksanakan”.

Soekanto (1984: 237) “Peranan merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan (status)”. Apabila seseorang yang melakukan hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya, maka dia menjalankan suatu peranan.

Nasution (1994: 74 ) menyatakan bahwa “peranan adalah mencakup kewajiban hak yang bertalian kedudukan”. Lebih lanjut Setyadi (1986 : 29 ) berpendapat ”peranan adalah suatu aspek dinamika berupa pola tindakan baik yang abstrak maupun yang kongkrit dan setiap status yang ada dalam organisasi”.

Usman (2001 : 4 ) mengemukakan “ peranan adalah terciptanya serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam suatu situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa peranan adalah suatu pola tindakan yang dilakukan oleh aparat desa  baik secara individual maupun secara bersama-sama yang dapat menimbulkan suatu peristiwa.

Menurut (Berlo1961: 153) Analisis terhadap perilaku peranan dapat dilakukan melalui tiga pendekatan : (1)ketentuan peranan, (2) gambaran peranan, dan (3) harapan peranan. Ketentuan peranan adalah pernyataan formal dan terbuka tentang perilaku yang harus ditampilkan oleh seseorang dalam membawa perannya

pengertian peranan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

5 komentar:

  1. Sudut pandang saya Peran adalah lakon atau tindakan..yang mana lakon bilamana didrama/film/sinetron..btw mantap artikelnya kang eko..

    Salam admin satriyoku.blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas sudah berkunjung, sayangnya postingan saya minim komentar jadi kurang anget2. hehehe

      Hapus
  2. terus peranan menurut mas eko sendiri apa mas ?? :D

    BalasHapus
  3. ada refrensi sumbernya kah mas ?

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum... Boleh minta daftar pustaka nya?

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.