Selasa, 14 Mei 2013

pengertian komunikasi

menurut Onong Uchjana Effendy (1993:6), adalah “proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan). Pikiran tersebut bisa merupakan gagasan, informasi, opini, dan lain-lain yang muncul dari benaknya”. Menurut Wilbur Sehram dalam Effendy (1986: 34) mengemukakan bahwa pikiran yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dalam komunikasi disebut pesan. Agar komunikasi berjalan dengan lancar apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator cocok dengan kerangka acuan yakni paduan pengalaman dan pengertian yang pernah diperoleh oleh komunikan.

Menurut Oneng Uchjana Effendy (1986: 14-16) komunikasi meliputi lima unsur pokok yang diberikan istilah:
1.    Komunikator, adalah seseorang atau kelompok orang yang menyampaikan pikiran atau perasaannya kepada orang lain
2.    Pesan sebagai terjemahan dari bahasa asing “message” adalah lambang bermakna (meaning full symbol) yakni lambang yang membawa pikiran atau perasaan komunikator.
3.    Komunikan adalah seseorang atau sejumlah orang yang menjadi sasaran komunikator ketika ia menyampaikan pesannya.
4.    Media adalah sarana untuk menyalurkan pesan-pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan
5.    Efek adalah tanggapan, respon atau reaksi dari komunikan ketika membina pesan dari komunikator, jadi efek adalah akibat dari komunikasi.

Sedangkan menurut Ys. Gunadi (1998: 69) “Unsur komunikasi ada tiga, yaitu komunikator, media dan komunikan”.

Definisi tentang komunikasi dikembangkan oleh Everett M. Rogers bersama D. Lawrence Kincaid yang dikutip oleh Hafield Cangara (2002: 19) melahirkan suatu definisi baru menyatakan bahwa “komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam”. Sedangkan menurut Ys. Gunadi (1998: 69) “komunikasi adalah proses kegiatan manusia yang diungkapkan melalui bahasa lisan dan tulisan, gambar-gambar, isyarat, bunyi-bunyian dan bentuk kode lain yang mengandung arti dan dimengerti oleh orang lain”.

pengertian komunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.