Selasa, 14 Mei 2013

pengertian Kegiatan ekstrakurikuler

Dewa Ketut Sukardi (1990:98) menyatakan bahwa “ Kegiatan ekstrakurikuler merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan siswa / peserta didik diluar jam tatap muka, dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah”.

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan. Kegiatan ini tidak termasuk dalam kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler. Hal ini sejalan dengan pendapat W.S Winkel (1991:529) yang mengemukakan bahwa :“kegiatan ekstrakurikuler yang mencakup aktivitas -  aktivitas yang tidak termasuk kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler”. Menurut Suharsimi Arikunto (1988:57) ,” Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan, diluar struktur program yang pada umumnya merupakan kegiatan pilihan”.

Definisi kegiatan ekstrakurikuler menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (Dekdikbud, 1984: 6) adalah : ”Kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah ataupunn diluar sekolah agar lebih memperkaya dan memeperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran dalam kurikulum”.

pengertian Kegiatan ekstrakurikuler Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.