Jumat, 01 Februari 2013

Pengertian Kelas (dalam arti pendidikan)

Kelas memeliki beberapa arti sebagai berikut :

Menurut Anonim pada Wikipedia menyebutkan bahwa Kelas dapat berarti sekelompok murid yang menghadapi pelajaran ataupun kuliah tertentu di perguruan tinggi, sekolah, maupun lembaga pendidikan. Kelas juga bisa merujuk pada kegiatan belajar-mengajar itu sendiri: kelas dalam drama-drama karya William Shakespeare. Kelas dapat pula berupa sekelompok murid di tingkatan yang sama dalam sebuah institusi: kelas satu; ataupun sekelompok murid yang lulus dari lembaga tersebut di saat yang sama: kelas 2005 (bandingkan alumnus/i). Kelas dapat pula merujuk ke ruangan, bangunan, atau wahana di mana pelajaran diajarkan. Dalam sistem pendidikan di beberapa negara (seperti Republik Cina), kelas dapat merujuk pada pembagian murid di suatu bagian akademik, terdiri atas sekelompok murid di tingkatan akademik yang sama. Sebagai contoh, kelas 2 di sebuah bagian dapat terbagi atas 3 kelas.

Adapun menurut Nawawi, bahwa kelas adalah sebagai suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah, yang sebagai satu kesatuan diorganisasi menjadi unit kerja yang secara dinamis menyelenggarakan berbagai kegiatan pembelajaran yang kreatif  untuk mencapai suatu tujuan”

Selain itu Nawawi juga menegaskan bahwa definisi kelas dibagi dua yaitu:

1) Kelas dalam arti sempit yakni ruangan yang dibatasi oleh empat dinding tempat sejumlah siswa berkumpul untuk mengikuti proses belajar mengajar. Dalam pengertian tradisional mengandung sifat statis, karena sekedar menunjuk pengelompokan siswa menurut tingkat perkembangannya yang didasarkan pada batas umur kronologis masing-masing.
2) Kelas dalam arti luas adalah suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah yang sebagai kesatuan diorganisir menjadi unit kerja secara dinamis menyelenggarakan berbagai kegiatan belajar-mengajar yang kreatif untuk mencapai suatu tujuan. refrensi buku "Sudirman dkk, Ilmu Pendidikan:Kurikulum, Program pengajaran, Efek Intruksional dan pengiring, CBSA, Metode mengajar, Media pendidikan, Pengelolaan kelas dan Evaluasi hasil belajar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991), hlm. 310-311"

Menurut Oemar Hamalik, "kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang mendapatkan pengajaran dari guru". Pengertian ini jelas ditinjau dari segi anak didik karena dalam pengertian tersebut ada frase kelompok orang. 

Sedangkan menurut Suharsini Arikunto, kelas adalah "sekelompok siswa yang pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama”.

Pengertian Kelas (dalam arti pendidikan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

5 komentar:

  1. terkadang..kelas sering kali di ibaratkan dengan golongan atau kasta..penyebutannya ya pak.. :)

    BalasHapus
  2. iya bisa juga, dalam biologi pun ada kelas, dalam ranah sosial pun ada. macam2 artinya harus dilihat dari sudut pandang mana.

    BalasHapus
  3. mohon untuk komentar sesuai dengan artikel yang ditulis. jangan hanya cuma nyapam.

    BalasHapus
  4. Saya kurang setuju dengan kelas dalam arti sempit yakni ruangan yang dibatasi oleh empat dinding. Bagaimana kalau konsep kelasnya melingkar? Berapa dindingkah itu?

    BalasHapus
  5. itu pendapat Nawawi mas anonim, masalah setuju tidak setuju ya terserah mas anonim :D silahkan di artikan sendiri LD

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.