Kamis, 17 Januari 2013

Pendidikan

Pendidikan Indonesia Pendidikan berkarakter | Sahabat pembaca yang budiman, belum lama ini ada keputusan pemerintah mengenai penghapusan sekolah berstandar Internasional dan sekolah rintisan berstandar nasional. dikarenakan katanya banyak sekali diskriminasi yang terjadi contohnya anak kurang mampu tidak bisa bersekolah di situ sehingga timbul kesan hanya orang mampu yang bisa masuk sedang anak kurang mampu yang berpotensi palah tidak bisa. namun begitu polemik seperti ini memang merusak esensi pendidikan itu sendiri menurut saya yakni prinsip pendidikan yang berkadilan dan kemerataan pendidikan bagi siapa saja. 

Pendidikan Indonesia saat ini lebih berfokus dengan pendidikan yang berkarakter, karena dewasa ini bayak anak muda para penerus bangsa mulai kehilangan jati diri kebangsaan krisis jadi diri dimana-mana. jati diri kebangsaan dan karekter-karakter yang membangun seperti rasa nasionalisme maupun patriotisme kini mulai giat kembali di galakan oleh pemerintah. namun demikian saya pikir belum ada perubahan yang cukup signifikan. pendidikan berkarakter bertujuan membangun jati diri anak memiliki karakter kebangsaan yang baik artinya dalam diri sesorang yang telah terbentuk karakter akan menjadi warga negara yang baik dalam menaati atura pemerintah juga memiliki rasa sosial serta mencintai dan berkebudayaan bangsa Indonesia, namun mengingat sekolah-sekolah yang ada di Indonesia kebanyakan adalah sekolah formal dengan mata pelajaran formal juga tentunya saya pikir sangat sulit membentuk karakter itu sendiri dalam diri anak, perlu adanya sekolah - sekolah dengan model baru atau kurikulum baru mengenai sekolah yang membentuk karakter kebangsaan yang baik misalnya sekolah budaya.

Ide sekolah budaya sebenarnya sudah ada dan sudah ada sekolah-sekolah budaya yang ada di pulau jawa. dengan sekolah budaya anak akan belajar menghargai budaya sendiri dengan penuh perhatian selain pelajaran formal tentunya, memang penting mata pelajaran eksak, atapun bahasa Inggris namun apalah arti pintar matematika ataupun pandai berbasa asing namun moral tidak terjaga. saya pikir begitu pun begitu ujian nasional kita palah di isi dengan ilmu-ilmu eksak yang saya pikir membuat anak didik menjadi tidak baik misalnya budaya mencontek dan lain sebagainya. seandainya diganti dengan ujian budaya atapun sopan santun dan sebagainya saya pikir akan mendorang anak lebih berkarakter dan berbudaya.

Pendidikan berkarakter merupakan program nasional yang semua elemn bangsa saling terkait satu sama lainya baik orang tua guru dan masyarakat serta pemerintah sendiri tentunya. dalam dunia pendidikan pendidikan yang berkarakter merupakan kewajiban semua guru baik itu guru eksak maupun sosial, penanaman budi pekerti yang baik serta nilai agama yang kuat sangatlah penting dari kesumanya demi mewujudkan generasi muda yang berkarakter.

oleh karena itu mari pahlawan bangsa tanpa tanda jasa berikanlah baktimu untuk bangsa ini sebaik-baiknya. bentuklah ananak didik kita menjadi seorang yang berkarakter. akhir kata semoga pendidikan Indonesia jauh lebih baik lagi.

Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.