Kamis, 17 Januari 2013

Batik

Batik Mahakarya Indonesia untuk dunia | Sahabat pembaca yang budiman, entah kenapa malam hari ini saya pengen posting berkenaan dengan hasil budaya Indonesia satu ini. iya batik namanya merupakan jenis kain yang ada di Indonesia yang memiliki pola-pola khusus tertentu.


Batik erat kaitannya dengan pulau jawa dan suku jawa, tepatnya di pekalongan karena memang dari sana lah awal mula dari teknik membatik.kemudian menyebar hampir keseluruh wilayah nusantara dan berkembanglah motif-motif batik hingga ada batik solo, batik yogya, batik lampung dan lain sebagainya.

kain batik merupakan kain yang sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. oleh UNESCO batik telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. merupakan suatu kebanggan sendiri bagi saya saat menggunakan batik selain nilai budaya dan kekhasan Indonesia nya juga karena nilai yang ada pada batik itu sendiri. menurut asal katanaya kata"batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik".

Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

sedang untuk teknik pembuatan batik sendiri ada 3 cara. yakni :

1. Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

2. Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

3. Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

segitu saja artikel bertemakan Indonesia kali ini semoga bermanfaat.

Batik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.