Rabu, 31 Oktober 2012

SUKUISME KALAHKAN NASIONALISME

Ilustrasi
Sahabat Pembaca yang budiman, tidak bisa pungkiri Indoneisa adalah negara yang memiliki keragaman budaya, dan suku bangsa, namun sahabat keberagaman budaya tersebut juga bisa menjadi senjata makan tuan, krisis seperti konflik dilatar belakangi SARA sering kali terjadi di bumi pertiwi ini, sungguh sangat di sayangkan.

Sepertinya rasa nasionalisme dalam diri sanubari setiap bangsa Indonesia kini sudah mencapai titik nadir yang sangat mendebarkan, rasa kesukuan lebih dominan dibanding perasaan menjadi seorang bangsa Indonesia, semangat nasionalisme sepertinya sudah mulai luntur, belum lama berlalu konflik demi konflik terus saja terjadi, dan ini merupakan tantangan berat bangsa Indonesia dalam upaya pembangunan bangsa selain kasus korupsi, setiap elemen bangsa sedang di uji bertubi-tubi.

banyak cara untuk meredam konfli dan menghilangkan rasa sukuisme yang terlalu fanatik yaitu:

1. Peningkatan rasa nasionalisme dan peningkatan intelektualitas setiap individu.

dengan meningkatkan rasa nasionalisme tentu saja akan meningkatkan tali persaudaraan diantara bangsa Indonesia hal ini bisa di tanamkan sejak sekolah, maupun dari orang tua sendiri,  kemudian peningkatan intelektualitas, orang yang berpendidikan tinggi biasanya berfikir lebih kritis dalam setiap persoalan hidupnya mengambil keputusan dengan menggunakan rasio dan akal sehat, dan tentu jalan musyawarah merupakan hal-hal yang di lakukan oleh kaum intelektualitas. dan tidak saling bunuh seperti kaum barbar.

2. Peningkatan Ilmu agama scara positif

Pada dasarnya setiap agama menginginkan perdamaian di setiap sgi kehidupan, orang-orang beragama dan giat beragama secara fanatik positif ( beribadah secara tekun dan memiliki sikap nasionalisme) akan memiliki ketentraman di dalam hatinya, dan snantiasa berjalan diatas kebenaran dan kedamaian.

3. Peningkatan Kesejahteraan

Beda orang marginal atau kelas bawah dengan orang yang sejahtera adalah mereka dekat sekali dengan kekhilafan masalah yang sepele bisa menjadi bencana, misal saja maling ayam, dikalangan kelas bawah ayam merupakan harta yang begitu berharga karena sangking berharganya menurut dia nyawa si maling ayam pun di anggap tidak berharga. dengan peningkatan kesejahteraan manusia tidak lagi memikirkan perutnya.

nasionalisme harus tetap tumbuh berkembang di bumi pertiwi demi terwujudnya cita-cita bangsa, menjadi bangsa Indonesia yang lebih baik. yang jarang terjadi konflik di abad modern saat ini.

No Konflik, Nasionalisme Yes!

Hidup lah Indonesia Raya.....!

Sumber gambar:
Google Image



SUKUISME KALAHKAN NASIONALISME Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

3 komentar:

  1. ayo dong bangkitkan lg semangat nasionalisme

    BalasHapus
  2. mudah2an bangsa inddonesia dapat bersatu kembali

    BalasHapus
  3. mudah2an Indonesia kembali kepada kebersamaan bhineka tunggal ika ya gan.

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.