Jumat, 21 September 2012

Berkunjung ke Desa Jayaguna Kec. Marga Tiga Lam-Tim

Anak-anak desa Jayaguna
Jayaguna adalah nama desa yang ada di Lampung Timur provinsi Lampung, desa ini cukup ter isolir dengan adanya dua sungai besar yang mengelilinginya. akses jalan berupa jembatan gantung yang terbuat dari kayu.

Sejarah desa Jayaguna

Pada tahun 1970  MABES POLRI mengirim 500 personil Brimob di perbatasan Lampung tengah dan Lampung selatan dengan tujuan pengamanan wilayah perbatasan dikarenakan pada tahun 1960 – 1970 terjadi banyak kericuhan diwilayah ini. Pada tahun 1972,MABES POLRI membeli tanah seluas 1800 Ha dari tetua adat gedong wani. Kemudian  oleh pihak MABES POLRI, tanah tersebut dijadikan transpolri Jayaguna, yang ditinggali oleh 500 kepala keluarga termasuk para personil Brimob yang diturunkan didaerah ini.  MABES POLRI membagi tanah ini dengan ketentuan untuk satu kepala keluarga besar polri medapat satu kapling pemukiman seluas 1000 M2  dan tanah garapan pertanian seluas 20000 m2 (2 Ha). Dari pembukaan desa ini sampai 1989 desa jayaguna termasuk wilayah pemerintahan desa Gedong Wani, hingga pada tahun 1989 pihak MABES POLRI menyerahkan kepentingan dan lain-lain kepada TK-1 Lampung. Desa Jayaguna menjadi desa definitif yang terdaftar dalam wilayah kabupaten Lampung Tengah. Pada tahun 1999, terjadi pemekaran wilayah kabupaten/ pemecahan wilayah kabupaten lampung tengah menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten Lampung Tengah da Kabupaten Lampung Timur, sehingga desa Jayaguna masuk kedalam wilayah kabupater Lampung timur. Tahun 1990 dikepalai Oleh Kades Sukardi, 1991-1995 di kepalai oleh Pejabat Sementara (PJS) Hadi sanyoto, 1995-1997 dikepalai oleh PJS Margono, 1997-1999 dikepalai oleh PJS Suwito, 1999-2002 dikepalai oleh PJS Lukman, 2002-2008 dikepalai oleh Lurah Margono, tahun 2008-sekarang dikepalai oleh Bapak Lurah Basuki.

Pintu Masuk Desa Jayaguna

di desa Jayaguna banyak sekali pemandangan yang ini, kebetulan saya berkunjung ke sini pas musim kemarau, petani disana sedang menanam semangka, semangka yang di hasilkan besar-besar dan sangat manis, namun sayang petani tidk mendapatkan untung yang banyak karena harganya yang murah karena akses yang sangat sulit terpaksa menjualnya ke tengkulak yang mau datang ke desa ini.

Desa Jayaguna terletak di Kecamatan Marga Tiga. Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Luas Desa Jayaguna  adalah 1.800 Ha. Adapun batas wilayah Desa Jayaguna adalah :

1.    Sebelah Utara        : Sukaraja Tiga
2.    Sebelah Selatan    : Purwo Tani (Lampung Selatan)
3.    Sebelah Barat        : Tri sinar
4.    Sebelah Timur        : Gedong Wani

Desa Jayaguna dikelilingi oleh 2 sungai besar, yaitu sungai sekampung dan sungai way kandis, akses untuk menuju desa ini dari pusat pemerintahan kecamatan melewati jembatan gantung yang terbuat dari papan dan kawat seling yang dibuat pada tahun 1975. Jembatan gantung ini hanya dapat dilewati kendaraan roda dua/ sepada dan sepeda motor. Adapun panjang jembatan gantung ini adalah 80 M dan  lebar 120 CM/ 1,2 M.

Gapura desa sebelum direnovasi

Kondisi Geografis Desa Jayaguna berada di ketinggian ±500 M diatas laut, dan secara tofografi berada di dataran tinggi . Curah hujan sedang, dan suhu ±24o C. Orbitasi (jarak dari pusat pemerintahan) jarak Desa Jayaguna dari pusat pemerintahan kecamatan sejauh ±20 km,  jarak dari ibu kota kabupaten/ kota madya sejauh ±40 km, jarak dari ibu kota provinsi sejauh ±80 km, jarak dari ibu kota negara adalah sejauh ±200 km. Jumlah penduduk dari keseluruhan berjumlah 1.850 orang. Penduduk laki-laki berjumlah 800 orang dan perempuan sebanyak 1.050 orang.

Mayoritas masyarakatnya memluk agama Islam dan sebagian kecil memeluk agama Kristen, dan Hindu.

Sebagian besar warga Jayaguna bermata pencaharaian sebagai petani kebun dan petani ladang dan sisanya adalah petani sawah dan pedagang. 

Tim KKN Unila desa Jayaguna Bersama Pak Lurah dan Bu Lurah
tiga bulan di desa Jayaguna saat melakukan KKN membuat Desa ini seperti kampung halaman saya yang ke dua.

jadi kangan sama teman-teman KKN dan anak-anak desa Jayaguna nih..
semoga pemerintah dapat melihat desa ini dan membangunkannya jembatan yang bagus agar mobil besar bisa lewat dan perekonomian masyarakatpun meningkat. semoga....

Berkunjung ke Desa Jayaguna Kec. Marga Tiga Lam-Tim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

4 komentar:

  1. iya gan, unila memang pada kkn di Lampung timur. trimakasih untuk unila saya jadi kebanjiran ketikan dan tugas. hehehehe. oh ya follow balik ya,,,

    tentang tetua adat memberikan tanah untuk Brimob, harus di cari kebenarannya gan,

    BalasHapus
  2. iya gan, trimakasih atas kunjungannya.

    trimakasih akan saya koreksi. :)

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.