Jasa Buat Web Murah

CINTA TANAH AIR ( tugas Essay)

Oleh Eko Budi Santoso

A. Pendahuluan

Ironis itu adalah kata yang tepat jika kita menengok kondisi kekinian remaja, dan atau anak-anak masa kini. Jangankan hafal sila-sila pancasila apalagi mengamalkannya, paling tidak dengan tahu nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pacasila mereka akan mencintai tanah air ini. Cinta tanah air adalah salah satu hal utama dalam membentuk kharakter warga negara yang baik, dengan menumbuhkan cinta tanah air maka akan menimbulkan rasa bangga menjadi warga negara Indonesia. Dan saya pikir rasa cinta tanah air yang tertanam pada setiap diri sanubari setiap waraga negara Indonesia akan membuat negara Indonesia jauh lebih baik lagi. Kenapa kita harus menanamkan rasa cinta tanah air, karena selain alasan diatas rasa cinta tanah air ini diperlukan sebab tanah air adalah tempat berpijak bagi individu secara kultural dan historis (1).
Kekuatan dan semangat para pejuang adalah timbul dari rasa cinta tanah air dan bangsa. Mereka saling bahu membahu dalam menghalang kekuatan, mereka adalah pejuang tanpa adanya rasa pamrih, mereka tidak mendapatkan gaji dan penghidupan yang layak. Cara memulai mencintai anak terhadap negaranya melalui pendidikan rumah, dengan mencoba berdiskusi selepas makan terhadap pengalaman orang tua terhadap tokoh perjuangan, menceritakan begitu sulit perjuangan yang dilakukan dalam merebut kemerdekaan, begitu bahagianya kita bernegara, dengan kemajemukan budaya, agama, dan bahasa. Rasa syukur tersebut ditanamkan kepada anak kita untuk senantiasa mulai berfikiran positif terhadap negara. Terbiasa membaca naskah-naskah sejarah perjuangan juga mendorong anak – anak untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air (2) . Menumbuhkan rasa cinta tanah air pada diri setiap warga negara merupakan jawaban dari keterpurukan bangsa saat ini saya yakin. Seperti yang saya terangkan diatas bahwa para pejuang yang memiliki rasa cinta tanah air berjuang tanpa pamrih, suatu pekerjaan yang tanpa pamrih dan hanya demi negaranya tercinta pasti akan menimbulkan kemakmuran dan kesejahteraan dinegaranya, pun dengan itu masalah negara semisal korupsi akan sirna dengan sendirinya karena rasa cinta tanah air melebihi rasa cinta terhadap kekuasaan dan harta benda. Namun sayang sekali sangat sulit menumbuhkan rasa cinta tanah air. Cinta tanah air idealnya adalah perasaan bangga menjadi warga negara Indonesia, dengan khasanah budaya yang ada dan menerima segala konsekuennya, yakni menjadi warga negara yang baik, patuh terhadap peraturan berupa norma maupun hukum yang tertulis serta ikut serta dalam usaha pembelaan terhadap negaranya. Mungkin masih sangat jauh dari realita yang ada demi mewujudkan masyarakat ataupun warga negara yang memiliki rasa cinta tanah air, pun demikian sesuatu akan melewati prosesnya. Mewujudkan generasi penerus yang memiliki rasa cinta tanah air hakikatnya adalah tugas bersama baik dari pihak keluarga, sekolah, media masa, dan lingkungan, setiap komponen pembentuk itu jika saling bersinegri kemungkinan besar hal tersebut akan sangat mudah diwujudkan, namun demikian kembali pada pribadi yang bersangkutan.
B. Nilai Karakter : Cinta Tanah Air

a. Apa itu cinta tanah air dan kenapa penting?

Dalam pidato kenegaraannya di Sidang Pleno DPR menjelang peringatan Hari Proklamasi Ke-55, Mantan Presiden Abdurrahman Wahid memaparkan hubungan antara kebangsaan, kemerdekaan, dan demokrasi yang dikatakannya sebagai senyawa. Yang satu tidaklah mungkin tanpa yang lain (3). Apa hubungannya isi sepenggal pidato itu dengan cinta tanah air itu sendiri, seperti yang saya jelaskan diatas sebelumnya bahwa cinta tanah air idealnya adalah perasaan bangga menjadi warga negara Indonesia, dengan khasanah budaya yang ada dan menerima segala konsekuennya, yakni menjadi warga negara yang baik, patuh terhadap peraturan berupa norma maupun hukum yang tertulis serta ikut serta dalam usaha pembelaan terhadap negaranya, cinta tanah air itu sendiri merupakan pandangan kebangsaan kita terhadap negara ini yang sangat penting kenapa sangat penting, karena merupakan senyawa dari kemerdekaan dan demokrasi yang ada di Indonesia, dengan mensirnergikan ketiganya akan terjadi keharmonisan dalam bernegara. Cinta tanah air sendiri merupakan panadangan kebangsaan karena cara pandang kita tegantung sajauh mana kita memiliki rasa cinta terhadap tanah air, yang kemudian selanjutnya akan menimbulkan sikap yang biasa disebut patriotisme dan nasionalisme yaitu sikap-sikap yang ada dalam diri pejuang yang karena memiliki rasa cinta tanah air yang sangat besar, sehingga mereka rela berkorban dan sebagainya demi negara ini. Dengan cinta tanah air maka harapannya generasi penerus yang akan menjalankan tampu roda pemerintahan akan lebih baik lagi tanpa adanya nafsu pribadi dan lainsebagainya.

b. Cara menumbuhkan cinta tanah air

Banyak cara menumbuhkan rasa cinta tanah air mulai dari keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan atau media masa.

Dalam keluarga, dalam keluarga anak bisa dididik dengan lebih menekankan sikap peduli dengan sesama mencontohkan sikap para pahlawan saat melawan penjajah, dan selalu menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik, selanjutnya anak di ajarkan sikap patriotisme dengan banyak cara semisal saat makan bersama atau saat bersama lainnya sambil mengobrol tentang hal-hal yang berkaitan dengan cinta tanah air tentunya.

Lingkungan Sekolah, sekolah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan tentu salah satu tujuannya adalah membentuk pribadi siswa yang memiliki sikap patriotisme (cinta tanah air) dalam sekolah akan diajarkan banyak hal dan contoh yang mengajarkan siswa agar memcapai pribadi yang memiliki rasa cinta tanah air salah saru contohnya adalah upacara bendera.

Lingkungan Masyarakat, masyarakat akan berperan membentuk pribadi seseorang apakah ia akan menjadi seorang yng patriotis atau tidak, kegiatan-kegiatan seperti karang taruna dan sejenisnya merupakan sarana pendukung yang baik dalam menumbuhkan kesadaran cinta tanah air.

Media masa, media masa semisal koran, TV, dan sejenisnya pada masa kini merupakan suatu hal yang juga sangat mempengaruhi, tontonan-tontonan dan bacaan-bacaan akan sangat beefek langsung pada yang menikmatinya filterisasi dan penyajian dan mencontohkan sikap patriotisme ataupun cinta tanah air akan sangat efektif dalam pelaksanaannya jika media masa pun ikut bertindak.

c. Apa yang terjadi jika rasa cinta tanah air tidak ada?

Jika sampai hal tersebut terjadi maka akan erjadi kekacauan, penyelenggaraan pemerintahan hanya berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pribadi saja, ketidak percayaan pada pemerintah oleh rakyat dimana-mana, dan bahkan negara bisa saja lenyap atau hilang karena warganegaranya sudah tidak memiliki rasa memiliki (cinta tanah air) terhadap bangsanya sendiri.

d. Realita cinta tanah air di Indonesia.

Di Indonesia sendiri penanaman rasa cinta tanah air cenderung hanya pada lingkungan sekolah saja dan mungkin ada sedikit di media masa, dan dalam pelaksanannya berbea-beda antara satu sekolah dengan sekolah yang lainya, kadang kita menjumpai anak yang ikut upacara bendera ngobrol sendiri di belakang dan ada yang main-main dan sebagainya.

Para pengusaha pun kadang masih banyak yang semena-mena pada alam Indonesia tanah airnya sendiri, dengan mengeksploitasi sumberdaya alam (tanah air) yang ada secara berlebihan, pabrik-pabrik yang tidak standart yang menimbulkan banyak pencemaran dan sebagainya, hanya demi keuntungan sendiri namun terlalu berlebihan. Bahkan aktivis asing semisal Green Peace lebih mencintai alam Indonesia dibanding warga negaranya sendiri, ironis memang. Penggundulan hutan secara berlebihan, penebangan hutan bakau secara berlebihan dan sebagainya merupakan hal-hal yang bertolak belakan dari rasa cinta tanah air itu sendiri.

e. Solusi menumbuhkan rasa cinta tanah air

Banyak solusi sebenarnya yang bisa digunakan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, seperti yang sudah saya uraikan sebelumnya diatas. Namun secara umum solusi nya antara lain sebagai berikut :

• Sosialisasi pentingnya rasa cinta tanah air pada keluarga
• Menekankan pendidikan nilai karakter cinta tanah air disekolah pada setiap tindakan
• Menyelnggarakan lingkungan desa yang baik dan benar
• Menekan media masa agar menyajikan informasi yang menumbuhkan rasa cinta tanah air


C. Kesimpulan

Nilai Karakter Rasa Cinta tanah air merupakan hala yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan ataupun kenegaraan yang penting.
Menumbuhkan rasa cinta tanah air merupakan jawaban dari keterpurukan kehidupan berbangsa saat kini demi mewujudkan cita-cita atapun tujuan bangsa Indonesia
Dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air, maka akan terjadi keharmonisan yang merata disegala bidang, penyelenggaraan pemerintah akan baik, para pengusaha tidak sewenang-wenang dalam mengeksploitasi sumberdaya alam yang ada, dan tentunya generasi penerus yang baik.
Banyak sekali solusi menumbuhkan rasa cinta tanah air salah satunya adalah sosilaisasi dalam keluarga akan pentingnya rasa cinta tanah air.

(1) A, Doni Koesoema, Pendidikan karakter, Grasindo, Jakarta, 2007 hal. 210
(2) Elfindri dkk, Pendidikan karakter, Badouse media, Jakarta, 2012
3) Oetama, Jakob, Suara nurani: tajuk rencana pilihan, 1991-2001, Penerbit Buku Kompas, 2001 hal. 267


5 Komentar untuk "CINTA TANAH AIR ( tugas Essay)"

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.

Back To Top