Senin, 10 Oktober 2011

Menilik Budaya Desa Bandarsari Kecamatan Padangratu LAM-TENG

Lampung Tengah
Sahabat semua sebagai seorang keahiran lampung tak patut rasanya jika tak memposting khasanah budaya yang ada di desa tempat kelahiranku. ok langsung saja kita lihat khasanah sedikit budaya yang saya ketahui didesaku







- System kepercayaan/religi

Agama Islam berkembang baik di desa kami, hal ini sudah tampak dari banyakknya tempat ibadah agama Islam berupa masjid dan surau. Suku pendatang (jawa,sunda ) dan suku asli daerah kami ( Lampung) Dominan beragama Islam, setelah itu berturut-turut baru agama Kristen, Katolik, Hindu dan budha, keberagaman agama didaerah kami jarang membuat terjadinya di intregasi karena keharmonisan dan kedamaian dalam Bergama selalu ada pada ajaran setiap agama yang damai. Suku yang dominan diwilayah kami adalah suku Jawa hal ini pun berdampaka banyak pada segi kehidupan di daerah kami missal bentuk rumah, cara bertani dan banyak hal lainnya. Upacara Selamatan selalu hadir dalam setiap kegiatan baik saat akan membangun rumah, kehamilan, maupun kelahiran. Selamatan ini berupa upacara makan bersama atas makanan yang telah diberi doa sebelum dibagi-bagikan.

- Sistem kekerabatan

System kekerabatan dalam daerah kami sangat beregam karena beragamnya suku bangsayang ada di daerah kami, suku dominan yaitu suku jawa memiliki kekerabatan yang bilateral ataupun parental. Kemudian suku asli yaitu suku lampung garis kekerabatannya dari pihak ayah.

- Sistem Politik

Secara administratif , desa kami disebut kelurahan yang dikepalai oleh seorang lurah, dan keompok-kelompok desa akan bergabung yang kemudian disebut kecamatan, kecamatan ini dikepalai oleh seorang praja yang disebut camat. Di dalam pekerjaan sehari-hari , kepala desa dan pamong desa mempunyai dua tugas pokok, yaitu tugas kesejahteraan desa dan tugas kepolisian untuk mejaga ketertiban desa. Lurah dipilih dari dan oleh penduduk desa sendiri, sesauai dengan tata cara yang berlaku. Secara keseluruhan nama jabatan petinggi desa pembantu lurah yang ada di desa kami adalah :

1. Carik, adalah yang bertugas sebagai pembantu umum dan sekretaris desa.
2. Keamanan, yang bertanggung jawab atas ketentraman lahir dan batin penduduk desa.
3. Kaum, yang mengurusi soal nikah, talak, rujuk, serta kegiatan religi lainnya dan juga perihal kematian.

- Sistem Ekonomi

Bertani merupakan mata pencaharian terbesar diwilayah kami, pekerjaan pertanian dilakukan dengan membuat kebun kering (tegalan) atau membuat sawah. Selain tanaman padi, masyarakat pedesaan biasanya menanam ketela pohon, jagung, ketela rambat, kedelai, kacang tanah, dan lain-lain. Selain bertani berdagang adalah mata pencaharian yang banyak dilakukan diwilayah kami, terlihat banyakknya pasar besar di daerah-daerah kami, pasar biasanya buka tiga kali dalam seminggu. Selain itu ada juga yang bekerja sebagai pembuat batu bata, pembuat tempe, ternak dan lain sebagainya.

- Sistem kesenian

a. Seni bangunan.
Untuk rumah –rumah penduduk biasanya berbentuk rumah limas an, rumah joglo, dan rumah panggung.

b. Seni tari.
Tarian yang ada di daerah kami sangat beragam, berupa tari dari jawa yaitu tari reog, tari tayuban, tari jatilan atau jaranan, tari srimpi, sintrengan dll, tari dari lampung berupa tari bedana, sembah dll

c. Seni musik
Banyak sekali aliranmusik yang ada di daerah kami, berupa campur sari, solawatan, music pop, dangdut, dan lain sebagainya.

d. Seni pertunjukan.
Seni pertunjukan juga sangat beragam berupa wayang kulit, Orgen tunggal, Campur sari, hingga jaranan.

e. Seni kerajian
Banyak sekali bentukkerajinan diwilayah kami berupa seni ukiran hingga batik.

Menilik Budaya Desa Bandarsari Kecamatan Padangratu LAM-TENG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

2 komentar:

  1. salam kenal, mohon dukungan untuj kontes SEO yg sedang berlangsung ya gan =)

    TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia

    BalasHapus
  2. @ Monggo gan, Berkompetisi secara Fair. :)

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.