Rabu, 10 Agustus 2011

Ayo selamatkan Bekantan dengan menjaga alam Kalimantan

Pulau kalimantan adalah salah satu paru-paru dunia yang hutannya di akui dunia, berbagai macam spesies hewan hidup disana. dan bahkan banyak yang endemik.salah satu hewan endemik yang ada disana adalah bekantan, Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah sejenis kera berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal kera Nasalis.salah satu hewan yang unik dan menakjubkan yang ada di Indonesia lho.


Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari kera atau monyet lainnya adalah hidung khasnya panjang dan besar yang namun hanya ditemukan di spesies jantan. Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas untuk apa gunanya, tapi ini mungkin disebabkan oleh seleksi alam. karena bekantan betina lebih memilih jantan dengan hidung besar sebagai pasangannya. Karena hidungnya inilah, bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda.

Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betinanya. Ukurannya dapat mencapai 75cm dengan berat mencapai 24kg. Bekantan betina berukuran 60cm dengan berat 12kg. Spesies ini juga memiliki perut yang besar, sebagai hasil dari kebiasaan mengonsumsi makanannya. Selain buah-buahan dan biji-bijian, bekantan memakan aneka daun-daunan, yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit.

Bekantan jantan dengan hidung besarnya.


Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di pulau Kalimantan. Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 kera. Bekantan juga dapat berenang dengan baik, kadang-kadang terlihat berenang dari satu pulau ke pulau lain.

Bekantan betina tanpa hidung besar
Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan.
Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut, serta sangat terbatasnya daerah dan populasi habitatnya, bekantan dievaluasikan sebagai Terancam Punah di dalam IUCN Red List. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I.

kebakran hutan, pembalakan liar, sampai dengan perburuan liar membuat sang bekantan kian berkurang, oleh karena itu sahabat ayo mulai jaga hutan kita. jangan membuang sampah sembarangan. apalagi puntung rokok dihutan, laporkan jika ada pembalakan atau perburuan liar. selamatkan alam kita !!

sumber materi bekantan : wikipedia
sumber gambar : google search

Ayo selamatkan Bekantan dengan menjaga alam Kalimantan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.