Kamis, 21 Juli 2011

Tampilan Google memperingati Alexander Calder

wah - wah logo google berubah lagi nih kali ini sang maestro mesin pencari di internet merayakan Alexander Calder , itu lho sang pematung kotemporer bentuk patung kinetik, yaitu patung yang bisa digerakan. bentuk seni patung yang ia buat berupa angka-angka dari kawat dan kain. pokoknya abstrak nan indah, Alexander Calder merupakan seniman kelahiran Philadelphia Amerika pada tahun 1898. memperoleh pendidikan di Institut Steven of Technology di Hoboken, New Jersey. dan mengambil kursus Menggambar dengan Clinton Balmer di New York di tahun 1922, den selanjutnya melanjutkan study seni melukis di Srudent League pada tahun 1923-1925.
beliau selama dua minggu di tahun 1925 setiap harinya menghadiri acara sirkus keliling di New York. dan pada tahun 1926 beliau pindah ke paris dan belajar di Academi de la Grande chaumire.

pada tahun 1930 belia bergabung dengan kelompok seniman "Abstraction-creation". Beliau semakin berhubungan dengan abstraktasi. Kunjungan ke obsevaturium Paris adalah inspirasi utama untuk patung kawat mobile abstrak, yang marcel duchamp muncul dengan istilah lain " Mobile" a
beliau baru kembali ke amerika dengan membeli rumah pertanian di Roxbury Pada tahun 1933 bersama istrinya Louisa James. dan selanjutnya pada tahun 1934 ia menciptakan udara terbuka mobile pertama yang di panggil dengan sebutan " Baja Ikan' yang tingginya 3,5 meter. beliau meninggal di New York pada tahun 1976 dan pemakamannya di Roxbury.

demikian biographi singkat Alexander Calder, semoga bermanfaat

Tampilan Google memperingati Alexander Calder Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.