Kamis, 28 Juli 2011

Nuansa NU di Belantara Borneo (Desa Sumbersari, Kec. Barong Tongkok, Kubar, Kaltim)

Tiga hari di kalimantan sangat menyenangkan bagi saya, selain bisa berkupul dengan keluarga disini yang sudah hampir 4 tahun lamanya tidakbertemu.

disini di desa sumbersari, desa tempat ayah dan bunda mencari rizki. perjalan saya tempuh hampir 2 hari. dari lampung menuju jakarta bersama teman yng setia, kemudian langsung menuju bandara Sukaarno Hata untuk menuju pulau kalimantan, kebetulan saya mencari tiket lewat internet dan membokingnya dulu, seminggu sebelum keberangktan. lumayan dapet Pesawat Garuda dengan harga Rp.640.000,- dengan pelayanan yang saya kira cukup memuaskan. dan akhirnya saya sampai di bandar udara Sepinggang balik papan. nuansa khas Kaltim kian terasa ketika saya menginjakan kaki di tanah berhutan surga ini. perjalan ketempat orang ta masih 1 hari lagi dengan menaiki mobil travel L300 kami melaju dengan kecepatan penuh wuzz wuzz, tikungan dan tanjakannya waw, mwnakjubkan. dengan panorama alam yang khas kalimantan.

menaiki bukit nanrimbut pepohonan, melewati jembatan-jembatan sungai kalimantan membuat darah petualang selalu mendidih. hehehe, moment yang sangat indah adalah ketika melihat sunset atau matahari tenggelam dengan rona kemerahan hem so amazing. kultur masyarakat dengan kearifan lokal yang ramah tamah nan bersahaja.


jam 1 malam sampailah di desa tempat orang tua tinggal. cium tangan dan pipi orang tua segera saya kebelakang untuk membersihkan badan. tak sengaja saya melihat brengkesan kenduru. sayapun tanya pada bapak, "sopo seng yasinan pak'e" bahasa Indonesianya begini " siapa yang yasinan pak" tetangga sebelah. dengan itu saya tahu disini ternyata desa dengan pemukiman jamaah NU. saya beryukur paham ahlusunnah waljamaah tumbuh subur disini. setiap malam ada saja yang mengadakan yasinan. apalagi saat ini mau menjelang bulan suci ramadhan tambah giatlah orang-orang disini.



hari jumat pun tiba saatnya jumatan ke masjin sampai dimasjid nuansa NU jawa sangat terasa mungkin karena disini dulu adalah bekas daerah transmigrasi. masjid dibangun dengan atap bertingkat. seperti rumah joglo di jawa. berbagerang dengan suku dayak yan muslim kami beribadah bersama-sama. walaupun suhu disini sangat panas Insya Allah kami khusuk beribadah. hehehe :)

itulah sedikit gambaran disini menurut saya hehehe :)





;                                                                   ujung nusantara , kaltim, kubar, Sumbersari

Nuansa NU di Belantara Borneo (Desa Sumbersari, Kec. Barong Tongkok, Kubar, Kaltim) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.