Kamis, 14 Juli 2011

Bulan syaban dan nifsu syabannya di dalam tradisi kampungku

cepat sekali yah sahabat, bulan syaban telah tiba. bulan ini termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT dengan segala berkahnya. bulan ini sangat barokah sahabat seperti bulan-bulan lainya seperti bulan Rajab, Ramadhan dan Syawal. satu yang menarik dibulan syaban adalah adnya nifsyu syaban.

kemarin jumat pas mendenga khatib berkutbah di masjid, bulan bulan yang dimuliakan ini merupakan urutan atau langkah-langkah kita kembali fitri dan suci dibulan syawal. bulan rajab untuk menyucikan badan (raga) dan barangsiapa yang telah menyucikan raganya dengan meminta ampunan kepada Allah SWT dibulan ini maka siaplah ia menyucikan hatinya dibulan Syaban, barangsiapa ia menyucikan hatinya dibulan syaban dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT maka dia akan siap menyucikan Ruh nya dibulan Ramadhan, dan jika semuanya dilakukan maka akan sucilah keadaan lahir batinnya di bulan syawal :)

di kampungku banyak sekali rangkaian kegiatan, karena disni banyak sekali jamaah NU nya. kegiatanya berupa bersama pengajian tiap mushala dan masjid, khataman qur'an bersama. dan yasinan dibulan syaban selama 40 hari, bergantian antara satu rumah dengan rumah lainnya. dengan segala keberagaman yang unik. semua membaur menjadi satu. yang tujuannya adalah mempererat tali silaturahmi, memperkuat iman dan Islam, demi kefitrian dibulan syawal kelak, amin

entah sampai kapan tradisi yang indah ini akan terus berlangsung, namunyang pasti selama generasi NU terus ada. maka akan terus bersinarlah ikatan tari silahturami ini.

demikian sahabat, mudah-mudahan ada manfaatnya :)

Bulan syaban dan nifsu syabannya di dalam tradisi kampungku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

1 komentar:

silahkan berkomentar dengan bijak, kami menon aktifkan kode capca agar anda nyaman berkomentar.

Tidak di perbolehkan menggunakan link aktif kalau mau iklan silahkan kontak kami, Trimakasih.